Sunday, December 16, 2007

Jiffest 2007

Oleh-oleh dari Jiffest 2007.
The conducter


Sebuah film dokumenter terbaik jiffest 2007. Tentang 3 orang kondutor berbeda. Adi M.S. kondutor twili orkestra yg punya keinginan bagaimana musik symponi ataupun klasik bisa diterima oleh siapapun juga seperti halnya musik pop / rock serta punya keinginan agar di Indonesia ada gedung orkestra. P' dibyo konduktor PSM paragita UI. Dan Yuli konduktor supoter arema malang. Pertama kali kita akan disuguhkan gegap gempita suporter arema dengan kompak menyanyikan lagi singo edan yg berarasemen cucok rowo dgn gaya-gaya yg lucu dan menjatuhkan lawan. Semua gerakan dan lagu yg dinyanyikan bersama-sama hampir sekitar puluhan ribu suporter arema ini hanya dikonduktorin satu orang saja. Mungkin ini baru pertama kalinya di dunia seorang pemuda bisa membawa emosi hampir seluruh penonton kesebelasannya dan hanya Arema yg bisa ngedatengin suporter dgn kemampuan seperti itu. Andi M.S mungkin boleh dikatakan konduktor musik konser yg tidak idealis gara2 dia tidak mau strict dgn lagu2 dan tempat yg dibawakannya. Tujuan dia cuman satu gimana cara musik konser / klasik bisa diterima oleh seluruh orang seperti halnya pop/dangdut. Ini mungkin juga baru pertama kali musik konser diperdengarkan di lapangan bola. Dan yang terakhir adalah pak dibyo yg mampu mengatur 2000 mahasiswa UI untuk bernyayi dalam wisuda. Masalah akustik bagi dia tidak penting, yang penting ga fals dan semua 2000 mahasiswa bisa bernyanyi SATB.
Kebangkitan film dokumenter di Indonesia udah mulai terlihat jelas. Pertunjukkan non gratis saja mampu meramaikan satu gedung blitz yg boleh dikatakan pangsa pasar film dokumenter sudah mulai naik tajam. Ini tidak hanya terjadi di Indonesia, An unconvinent truth nya al gore mampu mendapatkan piala oscar. Tema yg dipilih juga bagus, ttg sosok kepemimpinan, bagaimana sih culture kepemimpinan di Indonesia. Jika dikaitkan dengan budaya, inilah budaya Indonesia yaitu society from grass root. Seperti halnya arema, demokrasi terlihat jelas, jika lagu2 dan yel2nya jelek ya ga akan diterima. Ga semua orang emang dilahirkan untuk menjadi pemimpin tapi ga semua calon pemimpin dapat menjadi pemimpin tanpa sebuah proses. Yuli bisa jadi konduktor legendaris diawali dari dandanan norak dia yg selalu mau tampil ke depan. Adi M.S harus sekolah musik dan mengabaikan larangan ortunya gara2 di musik dianggap ga ada masa depan.


Cyrano Fernandez


Tentang kisah cinta seorang pemimpin gank yg tak diketahui oleh orang yg dicintainya sampai dengan akhirnya waktu menjemput baru si orang itu tahu. Tapi apakah terlambat? ternyata ga semua mimpi harus diwujudkan saat itu juga. Ada suatu momen yg kadang harus ditunggu meski itu hanya beberapa detik tapi mampu melengkapi segalanya.


2 days in paris

Sebuah film dari julie delpy yg dulu terkenal dgn before sunrise dan after sunset. Tentang sock culturer kehidupan si wanita dahulu di kampung nya sebagai wanita nerd yg pernah ber-hs dgn mantan2nya dan ternyata membuat si pria menaruh curiga berbagai macam.


Please vote me


Sebuah dokumenter unik di sebuah sekolah SD di cina yg masih bernergara sosialis. Yaitu bagaimana sebuah proses demokrasi di terapkan di sekolah dasar dalam pemilihan ketua kelas. Ada 3 calon, dimana salah seorangnya adalah ketua kelas yg lama. Pada awalnya calon pria pertama mampu mengambil hati temen2 mereka untuk memilih dia dan menjatuhkan lawan mulai dari menyuruh si kawan untuk mencemooh dan membuat ribut ketika ada kandidat lainnya yg berkampanye. Masing2 calon berlatih untuk menampilkan diri yg baik dan berpidato, bahkan mereka dilatih oleh ortu mereka untuk berdebat. Mulai dari soal demokrasi sampai kediktatoran. Popularitas si pria ini jatuh oleh popularitas mantan ketu kelas oleh karena kalah berdebat. Dan begitu proses perhitungan selesai, pria dan wanita yg kalah ini menangis, begitu juga dgn pendukungnya, meski pada akhirnya mereka mampu menerima kekalahan mereka. Well gimana ya jika ini diberlakukan ke anak2 SD di Indonesia.


Golden Door
Tentang keluarga imigran dari italia yg hijrah ke amerika karena melihat kalo di amerika ada wortel2 besar, pohon uang dan labu2 besar. Tapi mereka harus melewati berbagai macam proses menjadi warga negara U.S dengan kemungkinan tercerai beraikan.


Anak-anak borobudur


Sebuah cerita dari arswendo yg khas sekali dengan nilai2 keluhuran lokal. Tentang seorang anak pematung yg jago mematung sekaligus jago menaklukan 2 orang wanita. Si anak digambarkan sebagai sosok cerdas dan jujur apa adanya yg mesti harus menerima hadiah dari bukan sebuah karyanya dan ia malah mengembalikan hadiah tersebut dan membuat marah bupati. Si anak diskors dan akhirnya mendapatkan kehormatannya kembali setelah karya orisinil lainnya dia mampu menjadi juara.
Ada banyak sebenarnya kearifan2 lokal yg bisa digali dan diinformasikan. Serangan informasi dari luar di Indonesia sangat2 tinggi yang membuat anak2 indonesia kehilangan jati dirinya. Sebut saja, apakah masih ada sistem gotong royong membersihkan kelas bersama di kota2 besar? apakah seni tari dsb masih diajarkan di sekolah2? Ini harusnya menjadi tanggung jawab pemeritah juga bagaimana mengkampanyekan kearifan2 lokal tersebut kalo kita ga pengen indonesia kehilang pemimpinan 20 thn lagi


Buenos Aires 1977


Yunta militer di argentina yg menangkap orang2 yg dianggap pemberontak. Tidak semua orang ternyata bener2 pemberontak, kebanyakan adalah kambing hitam / bernasib sial diadukan namanya oleh para pemberontak dgn tujuan agar temen2 mereka selamat. Jadi ingat kisah larung dan bulan jingga dalam kepala, bagaimana para aparat dgn menggunakan kekerasan menggali informasi dari para tersangka tanpa didampingi pengacara. Para salah tangkap tersebut akhirnya sadar bahwa mereka ga bisa gantungin hidup mereka dari belas kasian, mereka harus mencari kepastian mereka sendiri dengan kabur.

8 comments:

Ratie said...

Ralat dikit,mas.. Julie Delpy maen di Before Sunrise dan Before Sunset, bukan After Sunset. Hehe... Btw, saya kapok nonton jiffest karena tahun 2006 kemaren tiket2nya diperebutin ama abege2 dan ageje2 yang kayanya nonton jiffest biar terlihat keren aja, bukan karena bener2 mau nonton dan menikmati filmnya.. *CMIIW*

okkyjelly said...

2006 atau 2007 nih? ya biasalah negara ini, apapun yang namanya gratis pasti laku :D, salam kenal

Ratie said...

Pokoknya yg Jiffest taun lalu deh.. Bukan yg baru kemaren ini.. :) Eh, kamu anak ITB ya? Jurusan apa? Angkatan? Ternyata pernah nonton di LFM! Hihi.. Gw link ya!

okkyjelly said...

Ntar perasaan kita pernah dikenalin ama hendri tim beasiswa deh, wah gw angkatan tua, angkatan 98, jurusan sebelah utara jurusan lu tuh, elektro. Wah dulu jaman bioskop mahal, kita mah kerjaannya setelah UTS hari rabu ke LFM.

titiw said...

Wow.. you are so good at this bro!! huhuhu.. pak dibyo di the conductor used to my lecture.. Baek banget orangnya.. Akh.. *kelelep*

okkyjelly said...

hai titiw, salam kenal

Anonymous said...

[B]NZBsRus.com[/B]
Escape Crawling Downloads With NZB Downloads You Can Rapidly Search Movies, Games, MP3 Singles, Applications and Download Them @ Fast Speeds

[URL=http://www.nzbsrus.com][B]Newsgroup Search[/B][/URL]

Anonymous said...

I read this forum since 2 weeks and now i have decided to register to share with you my ideas. [url=http://inglourious-seo.com]:)[/url]